Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Monday, July 13, 2009

Prediksi: Sistem Operasi Google Chrome

Google Inc. perusahaan yang awalnya dibuat oleh dua orang sahabat yakni Sergey Brin dan Larry Page itu kini terus berkembang, perusahaan itu tidak hanya sukses dari mesin pencari yang saat ini mendominasi para pengguna Internet, namun beberapa produk lain yang diberikan Google cukup memikat hati para pengguna Internet, bahkan ketika penyedia e-mail gratisan lain hanya menyediakan kapasitas 5 MB - 1 GB saja, Google dengan GMail-nya telah lebih dulu memberikan kapasitas 2GB dan saat ini kapasitas penyimpanan e-mail inbox di Gmail telah mencapai lebih dari 6 GB.

Baru-baru ini muncul berita yang cukup mengejutkan dunia komputasi dimana Google akan membuat sistem operasi untuk perangkat komputer yang mereka berinama Google Chrome OS, ya namanya memang mirip salah satu produknya yakni Google Chrome browser, namun Google Chrome OS tentu bukanlah sekedar browser Internet, namun lebih dari itu, Google Chrome OS yang menggunakan Linux sebagai basis aplikasinya merupakan sebuah sistem operasi yang akan dijejalkan pada produk Netbook pada tahun 2010 nanti.

Kenapa Google menggunakan nama "Chrome" untuk OS yang dibuatnya?, sementara nama Chrome sebelumnya sudah dibuat untuk produk browser-nya, saya melihat bahwa Google mungkin akan membuat sebuah sistem operasi berbasis web dimana saat ini sudah diimplementasikan oleh Palm Pre dengan WebOS nya, namun tentu Chrome OS bukan sistem operasi yang ditujukkan untuk perangkat genggam sepertihalnya ponsel pintar atau PDA, karena untuk ini Google telah lebih dulu mengeluarkan Android OS, sebuah sistem operasi yang dikhusukan untuk perangkat konverjensi seperti halnya ponsel pintar dan Mobile Internet Device (MID). Bahkan kini Android cukup memikat beberapa produsen ponsel dan salah satunya adalah Sony Ericsson yang menjejalkan Android untuk produk Rachael Experia-nya. Belakangan bahkan telah tersiar kabar bahwa Netbook Acer dan HP akan menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Lantas apa yang mendorong Google untuk membuat sebuah sistem operasi Google Chrome OS?, apakah Chrome OS mampu mengalahkan Windows atau Mac OS ?, tentu pertanyaan ini tidak bisa saya jawab dengan mudah terlebih karena saat ini Chrome OS belum benar-benar hadir ditengah-tengah kita, namun saya bisa memprediksikan bahwa di awal kemunculannya nanti Chrome OS tidak akan cukup kuat untuk mengalahkan Windows atau Mac OS karena pada saat nanti Chrome OS hanya akan dipasang pada perangkat Netbook, selain itu pada tahun 2010 kemungkinan besar produk Netbook tidak banyak berkembang sehingga jumlah Netbook masih lebih sedikit dibanding Notebook atau PC desktop yang menggunakan sistem operasi Windows. Selain itu, penggunaan Linux sebagai basis Chrome mengharuskan adanya penyesuaian antara perangkat lunak dan perangkat keras yang lebih spesifik, dan seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini produsen perangkat keras mengacu pada sistem Intel dan Windows dalam membuat standar untuk produk perangkat keras mereka, sehingga kemungkinan Chrome OS hanya akan berjalan pada beberapa pabrikan tertentu saja.

Kembali ke soal Web OS, saya melihat bahwa melalui Chrome OS ini Google akan mencoba mengembangkan konsep Cloud computing, terlebih ketika saat ini Google telah memiliki aplikasi Google Document, GMail dan Google translate yang cukup mumpuni untuk mendukung para pengguna mobile yang tidak terlalu membutuhkan resource yang terlalu besar. Cloud Computing merupakan sebuah kegiatan komputasi dimana aplikasi dan program yang dibutuhkan sudah tersedia secara online sehingga perangkat yang dibutuhkan cukup hanya memiliki kemampuan koneksi ke Internet saja, karena semua aplikasi perkantoran dam penyimpanan data sudah disediakan secara online.

Bagaimana menurut Anda?, Jika Anda memiliki opini tersendiri mengenai Google Chrome OS, silahkan berikan komentar Anda disini. (Q)

No comments: