Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Friday, August 15, 2014

5 Alasan mengapa Linux menjadi sistem operasi alternatif


Saat tulisan ini dibuat, Microsoft tengah berencana untuk menghentikan dukungan terhadap sistem operasi Windows XP pada bulan April 2014 nanti. Kami melihat bahwa itu bisa saja merupakan salah satu strategi Microsoft untuk memasarkan sistem operasi barunya yakni Windows 8.

Namun terlepas dari itu, Windows XP merupakan sistem operasi yang  sudah udzur, dalam dunia Teknologi Informasi, masa hidup sebuah sistem operasi bisa begitu sangat singkat terlebih ketika sebuah sistem tersebut memiliki banyak kerentanan.

Lantas adalah sistem operasi yang bisa kita gunakan untuk menggantikan Windows XP? tentu ada, selain Windows 7 dan Windows 8, kami lebih menyarankan Anda untuk beralih ke Linux, lantas mengapa Linux?, Ada 5 alasan mengapa kita harus memilih Linux sebagai sistem operasi Alternatif selain Windows.

1. Harga
Sistem operasi Linux selalu tersedia secara gratis, ada berbagai distro atau jenis Linux yang bisa kita unduh dan kita gunakan secara gratis. Dengan hanya bermodalkan akses Internet kebanyakan sistem operasi Linux bisa diunduh secara gratis. bahkan Ubuntu Linux menyediakan CD gratis yang bisa dikirim kepada kita dengan cuma-cuma.

Selain itu, dalam sebuah distro Linux, kita telah disediakan berbagai aplikasi lain secara lengkap, seperti aplikasi untuk Office, untuk menggambar dan untuk kebutuhan mengakses internet, jika memilih distro tertentu bahkan tersedia software gratis lain yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?, karena setiap distro Linux merupakan software yang disediakan secara open source, maksudnya adalah bahwa sistem dan aplikasi tersebut dapat dimodifikasi dan di-distribusikan lagi oekh kita tanpa dikenai biaya lisensi.

2. Lebih tahan terhadap virus
Sistem operasi Linux merupakan sistem operasi yang boleh dibilang  tidak ada virus, berbeda dengan sistem operasi populer yang lebih banyak terkena virus. Jika boleh saya mengatakan, di duia ini sebenarnya tidak ada virus komputer, yang ada adalah virus Windows karena kebanyakan virus memang ditujukan untuk sistem operasi Windows.

Saat ini, Linux bukanlah menjadi sistem operasi populer, posisi Linux berada pada urutan ketiga dari sistem operasi populer yang ada di dunia, setelah Mac OS X dan Windows, sehingga para pembuat virus cenderung tidak tertarik untuk membuat virus untuk Linux yang memang tidak banyak dipakai pengguna.

Terlebih jika kita berbagung dengan mailing list atau forum yang membahas Linux yang kita gunakan, akan ada banyak orang yang mau membantu kita ketika kita mengalami kesulitan atau masalah dalam menggunakan Linux yang kita gunakan.

3. Kemudahan mendapatkan Software

Jika Anda masih berfikir bahwa Linux merupakan aplikasi yang sulit digunakan, maka itu akan berubah ketika anda mulai menggunakan Linux hari ini, di dalam kebanyakan distro Linux, telah disediakan Software Center dimana pengguna bisa mengunduh semua aplikasi yang dibutuhkan mulai dari aplikasi produktivitas, hiburan, permainan dan aplikasi utilitas lain yang mungkin diperlukan.

Walaupun kebanyakan aplikasi tersedia secara gratis, namun itu bukan berabrti bahwa aplikasi tersebut "kacangan", kebanyakan aplikasi justru sangat bagus dan bahkan jauh lebih baik dari aplikasi berbayar yang ada pada sistem operasi lain, namun di Linux juga ada beberapa aplikasi yang berbayar, namun jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding aplikasi gratisan.

4. Kompatibilitas
Jika anda berfikir bahwa Linux memiliki sistem yang tidak kompatibel dengan Linux silahkan saja, namun dari pengalaman penulis, file aplikasi umum yang dimiliki oleh Windows bisa dijalankan dan dibuka dengan baik oleh aplikasi yang ada pada Linux.

Seperti file .DOCX, .XLSX da .PPTX bisa dibuka dan dijalankan dengan baik oleh paket aplikasi LibreOffice. Atau aplikasi .PDF, dan .PSD bisa juga dibuka dengan baik oleh aplikasi pembaca PDF pada Linux yang bernama DocumentViewer dan file Photoshop yang berakhiran .PSD bisa dibuka dan dijalankan dengan baik dengan aplikasi foto editor di Linux bernama Gimp. menariknya, semua aplikasi yang ada di Linux tadi telah tersedia secara gratis begitu kita menginstal Linux di PC, jadi aplikas-aplikasi tadi tidak harus di instal secara terpisah, namun sudah berada dalam paket Linux pada umumnya.

5. Dukungan Komunitas
Ada dua jenis dukungan komuitas di Linux, yang dibedakan menjadi Dukungan Komunitas Pengguna dan Dukungan Profesional.
Dari namanya dapat kita tebak bahwa dukungan Komunitas Pengguna adalah dukungan dari para pengguna atau pengguna yang memiliki keahlian lebih yang dapat menuliskan kode-kode di Linux untuk memberikan bantuan kepada pengguna Linux lain, para pengguna jenis ini bisa ditemukan di mailing list, forum atau melalui layanan chatting baik di YM maupun di mIRC. (Jika Anda berfikir bahwa mIRC adalah layanan chatt yang kuno, namun layanan ini masih digunakan saat ini dan masih menjadi media chatting populer di Internet, termasuk di kalangan pengguna Linux).

Sedangkan Dukungan Profesional adalah dukungan yang diberikan langsung oleh pembuat distro Linux yang bersangkutan, misalnya Linux Ubuntu yang dikembangkan oleh perusahaan Canonical Ltd, yang dipimpin oleh Mark Shuttleworth dimana mereka akan memberikan dukungan penuh bagi pengguna Linux Ubuntu hingga ke tingkat profesional.

Hal lain yang menurut penulis menarik dari Linux adalah, tersedianya versi Live 9atau lebih dikenal denga sebutan Live CD dan Live USB), dimana kita dapat mencoba salah satu distro Linux yang ada dan menjalankannya dari CD atau USB Flashdisk tanpa menginstalnya ke dalam harddisk, jika memang kita telah benar-benar menyukai performa dan tampilan dari distro Linux tersebut, barulah kita menginstalnya ke dalam harddisk. Menariknya, kita juga bisa menginstal Linux tersebut bersadingan dengan sistem operasi lain tanpa menghapus sistem operasi yang sudah ada di komputer kita. Sehingga kita bisa beralih menggunakan sistem operasi Windows atau Linux sewaktu-waktu.

Berikut ini adalah beberapa distro Linux yang dapat diunduh dan cukup mudah untuk digunakan dan di-instal pada komputer atau laptop.

1. Linux Mint - www.linuxmint.com
2. Ubuntu - www.ubuntu.com
3. Zorin OS - www.zorin-os.com
4. Puppy Linux - www.puppylinux.com
5. PCLinux OS - www.pclinuxos.com
6. Debian - www.debian.org
7. Fedora - www.fedora.org
8. OpenSUSE - www.opensuse.org
9. Knoppix - www.knoppix.org
10. CentOS - www.centos.org
11. Arch Linux - www.archlinux.org
12. Kali Linux (sebelumnya dikenal sebagai BackTrack) - www.kali.org
13. Xubuntu - www.xubuntu.org
14. DamnSmall Linux - www.damnsmalllinux.org/
15. LXLE - www.lxle.net
 
Catatan: Tulisan ini pernah dimuat di tabloid JabarPublisher

2 comments:

Unknown said...

r2y74t4b67 z0q43w0z18 f7o07o9c23 c1i67q2s36 k6y54i0s44 j3p02n1a19

tyssea said...

l0h28g4u48 k9z55n9f68 g1s49g0v27 p4j68r8a04 p3x89k8v25 w8o90x3l70